-->

2014, Tingkat Perkosaan di India Meningkat Sepertiga Kali Lipat

05 Januari, 2015, 13.00 WIB Last Updated 2015-01-05T06:00:44Z
NEW DELHI - Tingkat perkosaan yang terjadi di New Delhi India meningkat sekitar sepertiga kali lipat pada tahun 2014 lalu.

Menurut laporan tahunan yang dirilis oleh kepolisian New Delhi, tercatat bahwa sepanjang tahun 2014, tepatnya sejak awal tahun hingga tanggal 15 Desember, ada sebanyak 2.069 kasus pemerkosaan yang dilaporkan. Jumlah tersebut meningkat 31,6 persen dari tahun sebelumnya, di mana tercatat ada 1.571 kasus pemerkosaan yang terjadi.

Kendati jumlah kasus pemerkosaan yang dilaporkan meningkat, namun Komisioner Kepolisian Delhi, Bhim Sain Bassi menolak asumsi yang menyebut bahwa New Delhi merupakan kota yang berbahaya bagi perempuan.

"Banyak kasus yang dilaporkan saat ini terjadi karena wanita sudah merasa lebih percaya diri untuk mendekati kami," sebutnya, seperti dimuat AFP (Minggu, 4/1).

New Delhi diketahui mendapatkan citra buruk terkait pemerkosaan terutama ketika terjadi kasus pemerkosaan sadis terhadap seorang mahasiswa oleh sekelompok pria di sebuah bus yang tengah melaju dua tahun lalu. Kasus tersebut memicu protes massa yang menuntut dilakukannya reformasi hukum serta kepolisian.

Sejak saat itu, ada peningkatan penekanan pada pelatihan petugas untuk menangani kasus pemerkosaan.


Bassi juga menekankan, polisi kota telah berhasil memecahkan sekitar 62 persen dari semua kasus kejahatan terhadap wanita yang dilaporkan. [Rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini