-->

Pemko Langsa Buka Konfercab XXIV HMI

13 November, 2014, 00.35 WIB Last Updated 2014-11-14T08:18:31Z
LANGSA - Pemerintah Kota Langsa membuka Konferensi cabang (Konfercab) XXIV Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Langsa. Pembukaan momen tersebut dilakukan langsung oleh Walikota setempat Usman Abdullah SE dikantor Sekratriat HMI setempat, Selasa (11/11/2014).

Saat menghadiri acara ini, Usman Abdullah mengatakan, ditengah globalisasi dan kondisi dalam negeri yang setiap saat berubah, HMI sebagai bagian dari generasi penerus bangsa harus tanggap terhadap berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Peluang partisipasinya masih sangat banyak, khususnya dalam menangani masalah kemiskinan dan pengangguran. HMI sebagai Organisasi Pemuda berbasis Agama Islam, perannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Apalagi organisasi kepemudaan, seperti HMI ini yang juga dekat sekali dengan garis perjuangan politik.

"Saya minta bisa mengoptimalkan perannya menuju  demokrasi dan partisipasi pembangunan yang lebih baik. Untuk itu, peran strategis organisasi pemuda harus ditingkatkan," katanya.

Lanjutnya, kekuatan intelektual para mahasiswa merupakan modal penting merespon dinamika perkembangan jaman. Namun pemuda di era demokrasi jangan sampai terjebak pada pragmatisme teknis dan paradigma perjuangan yang dilatar belakangi dengan kepentingan ekonomi, prestise dan status sosial. Hal inilah yang mencoreng semangat idealisme perjuangan  pemuda, sehingga terjadi pergeseran nilai perjuangan dalam konteks menciptakan tradisi intelektualitas.

Generasi muda tempo dulu lebih mengedepankan semangat idealisme intelektual yang jauh lebih bermakna manakala berhadapan dengan ancaman nasional, sedangkan yang berkembang saat ini mengembangkan kepentingan materialisme sehingga krisis intelektual pemuda tidak bisa dihindari. Jadi, diperlukan kesadaran bersama agar tercipta sistem sosial yang akan memicu pola perjuangan fisik serta mengoptimalkan potensi pemuda sebagai aset masa depan bangsa.

Oleh sebab itu, idealisme pemuda harus didorong pada tataran mencari solusi terhadap permasalahan masyarakat saat ini. Tugas utama sebagai generasi muda saat ini adalah meningkatkan kemampuan dan berusaha untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa, disegala lini dan sektor pembangunan.

Karenanya, mealui pelaksanaan Konferensi Cabang HMI yang Ke-24 ini, hendaknya dapat menjadikan moment ini sebagai konsolidasi internal organisasi guna memantapkan langkah yang sangat menentukan dalam mewujudkan visi dan misi, serta berbagai program kerja HMI di masa mendatang guna memperkuat dan merapatkan barisan untuk meraih keberhasilan dari berbagai sasaran yang ditargetkan.

Dan diharapkan juga akan menjadi langkah bijak untuk saling bertukar pikiran dan mencari solusi permasalahan internal dan permasalahan umum yang berkembang di masyarakat.

Pemerintah Kota Langsa Saya berharap, hubungan harmonis  antara Pemerintah Kota Langsa dan keluarga besar HMI Kota Langsa kiranya dapat terus terjalin. Karena kami sadar, bahwa untuk mewujudkan visi dan misi daerah tersebut, Pemerintah Kota Langsa akan memerlukan kontribusi sumbang saran dan pemikiran dari berbagai unsur dan lapisan masyarakat. (01/02)
Komentar

Tampilkan

Terkini