-->

Melirik Keseriusan Pemko Langsa Membenah Produk KSM

16 November, 2014, 17.42 WIB Last Updated 2014-11-16T15:20:35Z
Ilustrasi Kuliner Produk
LANGSA - Pemerintah Kota Langsa bakal memfasilitasi dan membantu mengembangkan hasil produk-produk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Produk yang dihasilkan KSM 06 Kota administrasi ini sudah sangat bagus memang, seperti produk pakaian dan kuliner. Namun, soal pemasarannya masih perlu dibenah lagi.


"Kami menyarankan agar pengrajin yang menciptakan pakaian dan produsen kuliner agar ditingkatkan dan bisa menjadi saingan produk lainnya," kata Walikota Langsa Usman Abdullah SE pada acara penutupan mini pameran produk KSM dan logakarya review penanggulangan kemiskinan Kota Langsa 2014.



Disampaikan Walikota, kota yang yang terletak diujung provinsi Aceh ini kini tengah melakukan penataan untuk menjadi destinasi wisata dengan membangun Langsa Green Park, ekowisata mangrove, dan waduk Alue Gampu. Penataan destinasi wisata tersebut diikuti dengan berbagai gelaran pameran/expo, pagelaran seni, event olahraga, dan festival yang diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Langsa.



Produk-produk unggulan Kota Langsa memang patut diapresiasi. Sehingga pemerintah pun siap mendorong wilayahnya dengan berbagai upaya untuk meningkatkan minat dan hasil yang baik.



Konsultan PNPM dan jajaran pemerintah Kota Langsa diharapkan agar lebih serius dalam melakukan monitoring, pendampingan, dan fasilitasi promosi serta pemasaran produk-produk KSM dampingan PNPM, UPPKS, maupun pelaku industri kecil lainnya. Kemajuan teknologi informasi, khususnya internet, harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran produk KSM maupun UKM, bukan untuk hal-hal yang justru bersifat negatif atau merusak moral anak bangsa. 



Dalam momen ini, Walikota yang akrab disapa Toke Sueum itu juga mendapat rekomendasi dari peserta Lokakarya yang diwakili BKM Gampong Blang Seunibong. Menanggapi rekomendasi tersebut Walikota menyatakan terima kasih atas kepedulian peserta dan mengingatkan bahwa penanggulangan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab semua pihak.



Pada kesempatan ini, Pemerintah juga memberikan aprsiasi khusus yakni piagam penghargaan kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Maju Bersama Gampong Karang Anyar  dan BKM Sejahtera Mandiri Gampong Seulalah yang kinerjanya dinilai terbaik di Kota Langsa dengan indikator, pertama, tidak ada kredit macet dengan parameter Repayment Rate (RR) mencapai 100 %, kedua, kredit yang disalurkan betul-betul diterima rumah tangga miskin (PS2) dan tebukti mampu meningkatkan pendapatan mereka.



"Saya berharap agar cerita sukses dari kedua BKM tersebut disebarluaskan ke BKM-BKM lainnya sehingga bisa menjadi sumber inspirasi sekaligus rujukan bagi mereka jika ingin membenahi diri untuk menjadi BKM yang mandiri, bahkan madani," demikian pesan khusus Walikota Langsa. (01/02)
Komentar

Tampilkan

Terkini