-->

Koramil 19/Sungai Raya-ATIM Galakkan Budidaya Tanaman Cabai

20 November, 2014, 13.44 WIB Last Updated 2014-11-20T07:07:48Z
ACEH TIMUR - Dalam rangka mensukseskan program gerakan mandiri tentang ketahanan pangan nasional, Komando Rayon Militer (Koramil) 19/Sungai Raya, Kodim 0104/Aceh Timur, melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya tanaman cabai. Untuk kegiatan pengembangan tahap awal dilakukan pada lahan pekarangan Koramil setempat.

"Munculnya inisiatif melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya tanaman cabai, berdasarkan petunjuk dan arahan dari Komandan Kodim 0104/ATIM, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di tingkat komando satuan dan teritorial, serta diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran dan peran serta para pihak masyarakat untuk menghasilkan kebutuhan pangannya sendiri," ungkap Danramil 19/Sungai Raya, Lettu Inf. M. Lumban Raja, saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis, (20/11/14).

Lettu Inf. M. Lumban Raja, juga menyampaikan bahwa saat ini seluruh lahan pekarangan Koramil 19/Sungai Raya, telah dipenuhi tanaman cabai sebanyak 2.500 batang dan penanamannya menggunakan sarana media tanam berupa pollybag.

Menurut Danramil yang sangat hobby bertani dan berkebun tersebut, program yang sengaja digalakkan dengan menggunakan anggaran dari kocek pribadinya sendiri itu, sangatlah besar sekali manfaatnya, selain mampu menjamin ketersediaan bahan pangan untuk kebutuhan rumah tangga, juga sangat efektif untuk mengurangi beban ekonomi rumah tangga.

"Budidaya tanaman cabai merupakan salah satu usaha agrobisnis yang sangat menjanjikan, bahkan bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan apabila dijalankan dengan serius dan professional," terangnya.

Tambahnya lagi, permintaan pasar terhadap komoditas cabai terbilang sangat tinggi dan memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas, serta dihadapkan dengan tingkat kebutuhan akan terus meningkat, sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan semakin berkembangnya jumlah industri yang memerlukan cabai.

"Jika program tahap awal ini, bisa berjalan dengan baik, rencananya nanti kita akan melakukan sosialisasi ke pihak masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Raya. Diharapkan akan muncul komunitas masyarakat yang mandiri pangan dan tidak lagi tergantung import," demikian kata Lettu Inf. M. Lumban Raja, selaku Danramil 19/Sungai Raya, Kodim 0104/ATIM.(ar)
Komentar

Tampilkan

Terkini